Senin, 14 Januari 2013

PENERAPAN ETIKA BISNIS PADA PT AS-TRA


Program CSR As-tra meliputi bidang : program bantuan kemanusiaan, pendidikan dan program peningkatan pendapatan.

Program CSR yang dilaksanakan oleh perusahaan As-tr menanamkan konsep corporate social responsibility (CSR) agar lebih sejalan dengan filosofi As-tr untuk menjadi asset bagi bangsa dan Negara. Pendekatan triple bottom line diluncurkan agar perusahaan tidak saja mengutamakan profit, tapi juga lingkungan dan lingkungan sosial. Oleh sebab itu Grup As-tr selalu berupaya selalu terdepan dalam bidang CSR, meski dilakukan tanpa diketahui banyak pihak. Focus utama dalam program adalah bidang pendidikan dan Income Generating Activities.

Pelaksanaan program CSR sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab perusahaan dilakukan pada daerah-daerah di tempat anak cabang perusahaan dan wilayah sekitar perusahaan As-tr di Priuk, Jakarta utara. Untuk program CSR yang dilakukan perusahaan As-tr untuk daerah sekitarnya antara lain:
-       Dalam bidang program bantuan kemanusiaan,  As-tr memberikan bantuan bagi para korban bencana alam yang terjadi pada saat berlangsungnya program CSR dan jangkauannya ke seluruh penjuru wilayah Indonesia yang mengalami bencana. Perusahaan As-tr juga memiliki program yang memiliki prospek yang berkelanjutan yaitu perbaikan infrastruktur sekolah melalui bedah sekolah, rehabilitasi puskesmas di wilayah sekitar perusahaan As-tr. Concern pada perbaikan dan pembangunan gedung sekolah menjadi target program yang sedang berlangsung sekarang ini, hal ini dianggap memberikan manfaat untuk orang banyak dengan harapan menghasilkan aset bangsa untuk memajukan pedidikan bangsa. Manfaat ini juga nantinya dapat dirasakan antar-generasi.  
-       Dalam bidang pendidikan merupakan fokus utama As-tr dalam program pengembangan masyarakatnya. Bantuan dalam bidang pendidikan yaitu berupa pemberian beasiswa kepada siswa SD, SMP, SMA di wilayah dimana PT. As-tr Internasional beroperasi juga berbagai pembinaan sekolah. Selain itu As-tr membuka kesempatan pada siswa SMK atau Perguruan Tinggi yang memenuhi syarat untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
-       Sedangkan dalam bidang program peningkatan pendapatan yang bertujuan mengoptimalkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan serta pembangunan jaringan dan pertumbuhan usaha kecil  untuk mencapai kemandirian masyarakat merupakan salah satu fokus utama perusahaan dalam menjalankan CSR-nya. As-tr memberikan fasilitas-fasilitas pendukung dan kegiatan pemberdayaan agar kegiatan usaha masyarakat dapat berkesinambungan. Kegiatan yang dilakukan yaitu berupa produksi kain majun dan pemberian bantuan Microfinance kepada para ibu rumah tangga yang memeiliki usaha kecil.
Program Income Generating activity (IGA) menggunakan pendekatan pengembangan masyaraka,  untuk wilayah komunitas lokal sendiri dilaksanakan kelurahan Sungai Bambu di RW 08 dan 09, Sungai bambu dengan jumlah total peserta 47 ibu rumah tangga yang terbag ke dalam kelompok-kelompok. Produk yang dihasilkan yaitu hasil jahitan kain majun. Hasil jahitan ini kemudian di pasarkan dan menjadi konsumsi bagi AUTO 2000 dan PT As-tr Daihatsu Motor. Pengembangan melalui pemberdayaan ibu rumah tangga ini sudah dilakukan sejak tahun 2006-2007 hingga sekarang As-tr juga bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk menjalankan program ini. Harapan jangka panjang As-tr dari kegiatan ini dimaksudkan untuk menciptakan UKM yang Berdikari (berdiri di kaki sendiri), mandiri dalam kegiatan produksi hingga distribusi. Mekanisme bantuan mulai dari Micro Finance yaitu pinjaman lunak tnpa bunga atau dengan bunga rendah untuk pengembangan keterampilan yang ada di masyarakat. banyak ragamnya antara lain untuk tehnik pembuatan makanan, produksi kain, produksi barang-barang kebutuhajn dan sebagainya. Kendala yang dialami dari sisi perusahaan yaitu merasa disepelekan dengan pinjaman tanpa bunga sehingga program tidak berjalan karena masyrakat yang tidka sabar dan inovatif dalam persaingan usaha. Untuk itu perusahaan melihat perlunya meknaisme kontrol sebagai monitoring terhadap kegiatan di masyarakat melalui angket penilaian dan turun langsung ke masyarakat satu minggu sekali. Kesolidan teamwork menjadi kunci untuk dapat memaintain program kegiatan yang dilakukan, tidak jarang juga top management turun langsung untuk melihat sejauh mana program telah dilaksanakan. Dalam menghadapi persaingan, UKM-UKM ini juga harus siap melakukan inovasi.

 As-tr memiliki 2 kerangka kerja yaitu As-tra Friendly Company (AFC) dan Astra Green Company (AGC). AGC memberikan landasan dalam pengelolaan Lingkungan, Kesehatan & Keselamatan Kerja (LK3).Sedangkan AFC menggariskan ketentuan akan pentingnya pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan memperhatikan kesadaran sosial yang diterapkan melalui implementasi kegiatan di bidang Pengembangan Masyarakat.

As-tr Friendly Company (AFC) merupakan  sistem standar manajemen  bagi Perusahaan Astra Internasional dalam hal pelaksanaan CSR.  AFC berlandaskan pada 3 pilar utama , yaitu
1.    Value, program yang dilakukan As-tr memiliki landasan/dasar yang sesuai dengan filosofi (Catur Dharma), visi,
2.    Mindset, pelaksanaan yang sistematis dan terstruktur. Dengan identifikasi dampak sosial-bisnis, stakeholders, menyusun program sesuai persepsi dan harapan stakeholders, menentukan indikator keberhasilan, dan terakhir melakukan review secara berkelanjutan sebagai upaya monitoring.
3.    Behaviour, seluruh program CSR yang dilaksanakan dimaksudkan untuk memenuhi hak stakeholders terkait.

Keseluruhan pilar dasar tersebut lalu teruang dalam satu buku “Panduan Kriteria Asesmen Astra Friendly Company” yang berisikan kriteria- kriteria AFC dan digunakan sebagai pedoman untuk pengarahan kualitas hubungan sosial perusahaan dengan stakeholdernyayang keseluruhannya merupakan objek standar penilaian kinerja CSR. Kinerja AFC Astra dievaluasi setiap tahun berdasarkan panduan kinerja yang ditetapkan. Akan tetapi, penentuan prioritas program CSR berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, disesuaikan dengan karakteristik bidang usaha, alokasi dana dan sumber daya. Penilaian kinerjanya pun bersifat kompeherensif meliputi tingkat pencapaian sistem manajemen, aktivitas dan program yang menggunakan Key Performance Indicator (KPI) sebagai sistem peringkat, dimulai dari bintang satu untuk pencapaian yang terendah dan bintang lima untuk pencapaian paling tinggi.

As-tr Green Company  ( AGC) merupakan kerangka kerja perusahaan dibawah kelompok usaha as-tr, atau juga sebagai guidelines, petunjuk pelaksanaan kerja perusahaan dengan pengelolaan lingkungan, kesehatan dan keselamatan (LK3). Dalam komitmennya dalam mengelola LK3 perusahaan harus berlandaskan pada:
-          Strategi bisnis perusahaan (Green Strategy)
-          Proses bisnis yang aman,nyaman dan bersih (Green Process)
-           Pengembangan produk yang ramah lingkungan (Green Product)
-           Pengembangan kompetensi sumber daya manusia (Green Employee).

Dalam rangka  mewujudkan pelaksanaan usaha As-tr yang dapat bertahan dan berkembang, perusahaan senantiasa menjalankan upaya yang sistematis, terintegrasi dan berkesinambungan, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan monitoring. Melalui mekanisme award yang diselenggarakan As-tr Internasional merupakan bentuk penghargaan bagi kelompok usaha As-tr dan mendapatkan image baik dengan label ‘green’. Penilaian dilakukan dengan sistem peringkat dengan urutan tertinggi hingga terendah sebagai berikut : emas, hijau, biru, merah, dan hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar