Arti Surat :
Surat adalah alat komunikasi yang mempergunakan
bahasa tulisan di atas selembar kertas yang sangat erat hubungannya dengan
kehidupan manusia. Agar komunikasi berfungsi secara efektif, maka terdapat
hal-hal yang harus kita perhatikan oleh penulisnya.
Surat adalah suatu sarana untuk menyampaikan
informasi secara tertulis dari pihak yang satu kepada pihak lain. Informasi
dalam surat dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, permintaan, laporan,
pemikiran, sanggahan, dan sebagainya.
Fungsi Surat :
Fungsi surat dalam
suatu organisasi antara lain:
a. Surat sebagai media
komunikasi.
b. Surat sebagai barometer.
c. Surat sebagai duta penulis.
d. Surat sebagai bukti tertulis.
e. Surat sebagai salah satu otak kegiatan suatu kantor
Fungsi Surat Lainnya adalah :
2. Sebagai alat untuk menyampaikan pemberitahuan / permintaan atau permohonan, buah pikiran atau gagasan.
3. Sebagai alat bukti tertulis.
4. Sebagai alat untuk mengingat.
5. Sebagai bukti historis.
6. Sebagai pedoman kerja.
Jenis-jenis
surat :
1. Surat dinas, yaitu surat
yang memuat persoalan kedinasan yang dikirimkan oleh instansi pemerintah atau swasta kepada kantor pemerintah, atau dikirimkan oleh perseorangan kepada
kantor pemerintah dan sebaliknya. Kalimat yang digunakan dalam surat dinas
bersifat lugas. 2. Surat pribadi, yaitu surat yang dikirimkan oleh keluarga, sahabat, kenalan, teman, dan sebagainnya kepada teman sahabat, keluarga. Surat pribadi menggunakan ragam bahasa santai.
3. Surat niaga, yaitu surat yang memuat persoalan niaga dan dibuat oleh satu badan perusahaan. Surat niaga bersifat resmi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar