Program
CSR As-tra meliputi bidang : program bantuan kemanusiaan, pendidikan dan program peningkatan pendapatan.
Program CSR yang
dilaksanakan oleh perusahaan As-tr menanamkan konsep corporate social
responsibility (CSR) agar lebih sejalan dengan filosofi As-tr untuk menjadi
asset bagi bangsa dan Negara. Pendekatan triple bottom line diluncurkan agar
perusahaan tidak saja mengutamakan profit, tapi juga lingkungan dan lingkungan
sosial. Oleh sebab itu Grup As-tr selalu berupaya selalu terdepan dalam bidang
CSR, meski dilakukan tanpa diketahui banyak pihak. Focus utama dalam program
adalah bidang pendidikan dan Income
Generating Activities.
Pelaksanaan program CSR
sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab perusahaan dilakukan pada
daerah-daerah di tempat anak cabang perusahaan dan wilayah sekitar perusahaan
As-tr di Priuk, Jakarta utara. Untuk program CSR yang dilakukan perusahaan
As-tr untuk daerah sekitarnya antara lain:
-
Dalam bidang program bantuan
kemanusiaan, As-tr memberikan bantuan bagi para korban bencana alam yang
terjadi pada saat berlangsungnya program CSR dan jangkauannya ke seluruh
penjuru wilayah Indonesia yang mengalami bencana. Perusahaan
As-tr juga memiliki program yang memiliki prospek yang berkelanjutan yaitu
perbaikan infrastruktur sekolah melalui bedah sekolah, rehabilitasi puskesmas
di wilayah sekitar perusahaan As-tr. Concern pada perbaikan dan pembangunan
gedung sekolah menjadi target program yang sedang berlangsung sekarang ini, hal
ini dianggap memberikan manfaat untuk orang banyak dengan harapan menghasilkan
aset bangsa untuk memajukan pedidikan bangsa. Manfaat ini juga nantinya dapat
dirasakan antar-generasi.
-
Dalam bidang pendidikan merupakan fokus utama As-tr dalam program
pengembangan masyarakatnya. Bantuan dalam bidang pendidikan yaitu berupa
pemberian beasiswa kepada siswa SD, SMP, SMA di wilayah dimana PT. As-tr Internasional beroperasi juga berbagai pembinaan sekolah. Selain itu As-tr membuka kesempatan pada siswa SMK atau Perguruan Tinggi yang memenuhi syarat
untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
-
Sedangkan dalam
bidang program peningkatan pendapatan yang bertujuan mengoptimalkan kualitas
sumber daya manusia melalui pelatihan serta pembangunan jaringan dan
pertumbuhan usaha kecil untuk mencapai kemandirian masyarakat merupakan
salah satu fokus utama perusahaan dalam menjalankan CSR-nya. As-tr memberikan
fasilitas-fasilitas pendukung dan kegiatan pemberdayaan agar kegiatan usaha
masyarakat dapat berkesinambungan. Kegiatan yang dilakukan yaitu berupa
produksi kain majun dan pemberian bantuan Microfinance kepada para ibu rumah
tangga yang memeiliki usaha kecil.
Program Income Generating activity (IGA) menggunakan pendekatan pengembangan
masyaraka, untuk wilayah komunitas lokal
sendiri dilaksanakan kelurahan Sungai Bambu di RW 08 dan 09, Sungai bambu
dengan jumlah total peserta 47 ibu rumah tangga yang terbag ke dalam
kelompok-kelompok. Produk yang dihasilkan yaitu hasil jahitan kain majun. Hasil
jahitan ini kemudian di pasarkan dan menjadi konsumsi bagi AUTO 2000 dan PT
As-tr Daihatsu Motor. Pengembangan melalui pemberdayaan ibu rumah tangga ini
sudah dilakukan sejak tahun 2006-2007 hingga sekarang As-tr juga bekerja sama
dengan Dompet Dhuafa untuk menjalankan program ini. Harapan jangka panjang
As-tr dari kegiatan ini dimaksudkan untuk menciptakan UKM yang Berdikari
(berdiri di kaki sendiri), mandiri dalam kegiatan produksi hingga distribusi.
Mekanisme bantuan mulai dari Micro
Finance yaitu pinjaman lunak tnpa bunga atau dengan bunga rendah untuk
pengembangan keterampilan yang ada di masyarakat. banyak ragamnya antara lain
untuk tehnik pembuatan makanan, produksi kain, produksi barang-barang
kebutuhajn dan sebagainya. Kendala yang dialami dari sisi perusahaan yaitu
merasa disepelekan dengan pinjaman tanpa bunga sehingga program tidak berjalan
karena masyrakat yang tidka sabar dan inovatif dalam persaingan usaha. Untuk
itu perusahaan melihat perlunya meknaisme kontrol sebagai monitoring terhadap
kegiatan di masyarakat melalui angket penilaian dan turun langsung ke
masyarakat satu minggu sekali. Kesolidan teamwork menjadi kunci untuk dapat
memaintain program kegiatan yang dilakukan, tidak jarang juga top management
turun langsung untuk melihat sejauh mana program telah dilaksanakan. Dalam menghadapi
persaingan, UKM-UKM ini juga harus siap melakukan inovasi.
As-tr Friendly Company (AFC) merupakan sistem standar manajemen bagi
Perusahaan Astra Internasional dalam hal pelaksanaan CSR. AFC
berlandaskan pada 3 pilar utama , yaitu
1. Value,
program yang dilakukan As-tr memiliki landasan/dasar yang sesuai dengan
filosofi (Catur Dharma), visi,
2. Mindset,
pelaksanaan yang sistematis dan terstruktur. Dengan identifikasi dampak
sosial-bisnis, stakeholders, menyusun program sesuai persepsi dan harapan
stakeholders, menentukan indikator keberhasilan, dan terakhir melakukan review
secara berkelanjutan sebagai upaya monitoring.
3. Behaviour,
seluruh program CSR yang dilaksanakan dimaksudkan untuk memenuhi hak
stakeholders terkait.
Keseluruhan pilar dasar tersebut
lalu teruang dalam satu buku “Panduan Kriteria Asesmen Astra Friendly Company”
yang berisikan kriteria- kriteria AFC dan digunakan sebagai pedoman untuk
pengarahan kualitas hubungan sosial perusahaan dengan stakeholdernyayang
keseluruhannya merupakan objek standar penilaian kinerja CSR. Kinerja AFC Astra
dievaluasi setiap tahun berdasarkan panduan kinerja yang ditetapkan. Akan
tetapi, penentuan prioritas program CSR berbeda antara satu perusahaan dengan
perusahaan lainnya, disesuaikan dengan karakteristik bidang usaha, alokasi dana
dan sumber daya. Penilaian kinerjanya pun bersifat kompeherensif meliputi
tingkat pencapaian sistem manajemen, aktivitas dan program yang menggunakan Key
Performance Indicator (KPI) sebagai sistem peringkat, dimulai dari bintang satu
untuk pencapaian yang terendah dan bintang lima untuk pencapaian
paling tinggi.
As-tr Green Company ( AGC) merupakan kerangka kerja perusahaan dibawah kelompok
usaha as-tr, atau juga sebagai guidelines, petunjuk pelaksanaan kerja
perusahaan dengan pengelolaan lingkungan, kesehatan dan keselamatan (LK3).
Dalam komitmennya dalam mengelola LK3 perusahaan harus berlandaskan pada:
-
Strategi bisnis
perusahaan (Green Strategy)
-
Proses bisnis yang
aman,nyaman dan bersih (Green Process)
-
Pengembangan produk yang ramah lingkungan (Green
Product)
-
Pengembangan kompetensi sumber daya manusia (Green
Employee).
Dalam
rangka mewujudkan pelaksanaan usaha As-tr yang dapat bertahan dan
berkembang, perusahaan senantiasa menjalankan upaya yang sistematis,
terintegrasi dan berkesinambungan, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan monitoring.
Melalui mekanisme award yang diselenggarakan As-tr Internasional merupakan
bentuk penghargaan bagi kelompok usaha As-tr dan mendapatkan image baik dengan
label ‘green’. Penilaian dilakukan dengan sistem peringkat dengan urutan
tertinggi hingga terendah sebagai berikut : emas, hijau, biru, merah, dan
hitam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar